Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sereh,Mengenal Manfaat Bumbu Masakan dan Obat Tradisional yang Banyak Khasiat dalam Pengobatan

 


Natulogy.com - Sereh atau serai adalah salah satu bumbu yang sering digunakan dalam masakan nusantara. Namun, tahukah kamu bahwa sereh juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Di samping membuat cita rasa makanan dan minuman menjadi lebih lezat, sereh juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah 9 manfaat sereh untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Menurunkan Kolesterol

Sereh memiliki sifat antihiperlipedemia dan sifat antihiper kolesterol sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi teh sereh secara rutin dapat mempertahankan tingkat trigliserida dan mengurangi kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh secara signifikan.

2. Mengatasi Kecemasan

Sereh dapat memberikan efek yang sama dengan minum teh hangat untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Bahkan, menghirup aroma dari minyak sereh dipercaya dapat menenangkan pikiran dan membantu meredakan kecemasan.

3. Mengendalikan Tekanan Darah

Sereh dapat membantu mengendalikan tekanan darah agar tetap normal. Hal ini karena di dalam sereh terkandung mineral bernama kalium. Namun, hindari mengonsumsi sereh secara berlebihan karena dapat berisiko menurunkan detak jantung bagi beberapa orang.

4. Meredakan Penyakit Kulit

Karena karakteristik antiinflamasinya yang luar biasa, sereh bekerja sangat baik dalam menenangkan kulit yang teriritasi. Sereh juga dapat bekerja sebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati penyakit kulit karena infeksi seperti kurap, luka, dan kudis karena mengandung sifat antimikrobanya yang mampu membasmi jamur pada tubuh.

5. Baik untuk Pencernaan

Sereh dapat menjadi obat alternatif saat sakit perut, kram, dan masalah pencernaan lainnya. Sebuah studi pada tahun 2012 di Journal of Farmasis menunjukkan bahwa sereh dapat efektif melawan tukak lambung. Hal itu karena minyak atsiri dalam sereh dapat membantu melindungi lapisan perut terhadap kerusakan akibat aspirin dan etanol.

6. Sebagai Aroma Terapi Pengusir Nyamuk

Manfaat sereh yang satu ini sudah dikenal oleh bangsa India dan Timur Tengah sejak lama. kamu dapat menumbuk batang sereh dan mendiamkannya beberapa saat untuk membantu mengusir nyamuk yang dapat menyebabkan gatal dan demam berdarah.

7. Mengatasi Gigi Berlubang

Konsumsi teh sereh dapat membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa zat antimikroba pada sereh efektif dalam melawan bakteri berbahaya seperti steptococcus, yaitu bakteri penyebab kerusakan gigi.

8. Detoksifikasi Tubuh

Sereh dapat membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Detoksifikasi dengan tanaman sereh dapat membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh termasuk hati dan ginjal. Dengan mengonsumsi teh sereh juga dapat berkhasiat melancarkan buang air kecil.

9. Mengobati Insomnia

Sereh dapat membantu menenangkan otot-otot dan saraf yang nantinya akan membantu kamu lebih nyenyak saat tidur. Bahkan, sereh juga dapat membantu mengobati insomnia. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa teh memiliki obat penenang dan zat hipnotis yang bisa membantu kamu dalam meningkatkan waktu tidur yang berkualitas.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun manfaat sereh untuk kesehatan beragam, kamu harus tetap hati-hati dalam memanfaatkannya pada kondisi tertentu seperti sedang hamil dan menyusui. Hindari konsumsi sereh atau penggunaan sereh untuk sementara waktu jika kamu memiliki kondisi medis tertentu. Selain itu, jika dikonsumsi secara berlebihan, serai dapat menimbulkan efek samping berupa pusing, mulut kering, hingga kelelahan.

Bagaimana cara mengonsumsi sereh untuk memperoleh manfaatnya? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah dengan membuat teh sereh. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merebus batang sereh yang sudah dipotong-potong ke dalam air bersih. Tambahkan sedikit gula atau madu untuk memberikan rasa manis pada teh sereh.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak sereh sebagai aroma terapi atau mengoleskan ekstrak sereh pada kulit yang bermasalah. Dalam dunia kosmetik, sereh sering digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat sabun, lotion, dan produk perawatan kulit lainnya.

Meskipun sereh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun tetap perlu dilakukan dengan bijak dalam mengonsumsinya. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu sebelum mengonsumsi sereh.

Jadi, sereh adalah bumbu masakan dan obat tradisional yang kaya manfaat untuk kesehatan. Sereh dapat membantu menurunkan kolesterol, mengatasi kecemasan, mengendalikan tekanan darah, meredakan penyakit kulit, baik untuk pencernaan, sebagai aroma terapi pengusir nyamuk, mengatasi gigi berlubang, detoksifikasi tubuh, dan mengobati insomnia. Meskipun manfaat sereh beragam, tetap perlu dilakukan dengan bijak dalam mengonsumsinya.***

Posting Komentar untuk "Sereh,Mengenal Manfaat Bumbu Masakan dan Obat Tradisional yang Banyak Khasiat dalam Pengobatan"