Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Rasakan Khasiatnya Kolesterol Langsung Kabur dengan Makan Bawang Putih Mentah Setiap Hari Hambat Produksi Kolesterol


Natulogy.com - Bawang putih atau brambang putih merupakan salah satu bahan masakan yang sangat populer di seluruh dunia. Tak hanya digunakan untuk menyedapkan masakan, bawang putih juga telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan.

Namun, tahukah kamu bahwa memakan bawang putih mentah memiliki manfaat kesehatan yang jauh lebih besar daripada bawang putih yang telah dimasak? Bawang putih mentah diperkaya dengan senyawa sulfur aktif seperti olesin, are profil disulfide, dialil disulfida, dan diallyl trisulfide. Ketika bawang putih mentah dikunyah atau digigit, senyawa-senyawa ini akan bereaksi membentuk alisin, yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah enam manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan memakan bawang putih mentah:

1. Menurunkan Kolesterol

Menurut penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Medical Science and Public Health, memakan tiga gram bawang putih mentah setiap hari selama 90 hari dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10 hingga 13 persen. Alisin yang terkandung dalam bawang putih mentah dapat menghambat produksi kolesterol dalam tubuh.

2. Memperkuat Tulang

Bawang putih mentah mengandung flavonoid yang berpotensi meningkatkan pembentukan tulang dan memperlambat proses pengeroposan mineral tulang. Sebuah penelitian pada tikus laut juga menemukan bahwa bawang putih mentah bermanfaat mencegah pengeroposan tulang setelah operasi pengangkatan indung telur.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Riset dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Science menemukan bahwa memakan bawang putih mentah dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Bawang putih mentah dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan mencegah produksi angiotensin dua dan meningkatkan ketersediaan oksida nitrat.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Menurut American Society for Tition, memakan bawang putih mentah dapat membantu mengurangi kadar gula darah serta mengurangi resiko aterosklerosis. Karbohidrat cenderung dimetabolisme dengan sangat cepat, yang menyebabkan kadar gula darah meningkat. Dengan memakan bawang putih mentah, karbohidrat dapat dimetabolisme dalam kecepatan teratur.

5. Mengatasi Rambut Rontok

Bawang putih mentah dapat memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala. Beberapa orang bahkan mengoleskan minyak bawang putih di kepala untuk mencegah kebotakan.

6. Mengobati Pilek

Bawang putih mentah dapat membantu mengobati pilek karena senyawa belerang yang terbentuk ketika siung bawang putih dicincang dihancurkan atau dikunyah. Untuk merasakan manfaatnya, kamu cukup haluskan tiga hingga empat siung bawang putih, lalu tambahkan madu secukupnya. Konsumsi ramuan ini tiga kali sehari.

Namun, meski bawang putih mentah memiliki banyak manfaat kesehatan, mengonsumsinya secara berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping seperti mulas, mual, dan muntah. Selain itu, bawang putih mentah juga dapat menyebabkan bau mulut dan bau badan yang tidak sedap jika dikonsumsi secara berlebihan.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi bawang putih mentah sekitar satu hingga dua siung per hari, dan jika kamu mengalami efek samping, sebaiknya kurangi asupan bawang putih mentah kamu.

Berapa banyak bawang putih mentah yang aman dikonsumsi setiap hari?

Jumlah bawang putih mentah yang aman dikonsumsi setiap hari dapat berbeda-beda tergantung kondisi kesehatan dan toleransi individu seseorang. Namun, pedoman umumnya adalah mengonsumsi tidak lebih dari 1 hingga 2 siung (sekitar 4 gram) bawang putih mentah per hari.

Mengkonsumsi lebih dari jumlah ini dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti mulas, mual, dan diare. Selain itu, mengonsumsi bawang putih dalam jumlah berlebihan juga dapat meningkatkan risiko pendarahan pada beberapa orang, terutama mereka yang mengonsumsi obat pengencer darah.

Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum menambahkan bawang putih mentah dalam jumlah besar ke dalam makanan kamu, terutama jika kamu memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang minum obat.***

Posting Komentar untuk "Rasakan Khasiatnya Kolesterol Langsung Kabur dengan Makan Bawang Putih Mentah Setiap Hari Hambat Produksi Kolesterol"