Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengintip Keajaiban Quinoa, Biji-Bijian yang Mampu Mengatasi Masalah Pencernaan dan Menambah Energi Menjaga Metabolisme

Natulogy.com - Quinoa, sebelumnya mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian masyarakat Indonesia. Namun, biji-bijian ini sebenarnya sudah lama dikenal sebagai salah satu superfood. Kini, semakin banyak orang yang mulai memperhatikan manfaat quinoa bagi kesehatan tubuh mereka.

Quinoa, atau Chenopodium quinoa, adalah sejenis tanaman biji-bijian yang berasal dari Amerika Selatan, terutama dari wilayah Andes. Biji-bijian ini dikenal karena memiliki tekstur yang menyerupai kacang berbentuk pipih dan sedikit lonjong serta biasanya berwarna kuning pucat. Rasanya pun bervariasi mulai dari pahit hingga manis.

Namun, apa yang membuat quinoa begitu istimewa? Quinoa mengandung makronutrisi yaitu lemak, protein, dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tanaman ini memiliki beragam vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin E, folat, kalsium, magnesium, zat besi, dan kalium. Bahkan, berbagai jenis antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, quercetin, dan camfrog juga dapat ditemukan di dalamnya.

Berikut adalah tujuh manfaat quinoa untuk kesehatan tubuh:

1. Bebas Gluten

Manfaat pertama terdapat pada sifatnya yang gluten-free atau bebas dari kandungan gluten. Gluten merupakan protein yang ditemukan pada gandum, barley, dan gandum hitam. Gluten dapat menyebabkan masalah pada pencernaan orang yang memiliki intoleransi terhadap gluten.

Penelitian oleh Centre Department of Medicine Columbia University New York telah menunjukkan bahwa menggunakan quinoa sebagai pengganti bahan bebas gluten khas seperti tepung tapioka, kentang, jagung, dan tepung beras dapat secara dramatis meningkatkan nilai nutrisi dan antioksidan dari makanan kamu.

2. Menurunkan Berat Badan

Quinoa termasuk dalam jenis makanan tinggi serat sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan berlebih. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa makanan sehat termasuk quinoa mampu menjaga metabolisme tubuh tetap lancar dan mengendalikan nafsu makan. Jadi, bila kamu ingin menurunkan atau menjaga berat badan tetap ideal, quinoa bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang tepat untuk kamu konsumsi sehari-hari.

3. Melancarkan Pencernaan

Sebagai sumber serat yang baik, quinoa tak hanya bermanfaat untuk mengendalikan berat badan tetapi juga baik untuk kesehatan pencernaan. Makanan yang mengandung banyak serat ini diketahui dalam mencegah dan mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti konstipasi.

Selain itu, quinoa juga memiliki efek prebiotik ini artinya quinoa dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga kesehatan saluran pencernaan bisa tetap terjaga.

4. Mencegah Anemia

Quinoa termasuk makanan yang baik untuk mencegah anemia karena kandungan zat besi dan folat yang cukup tinggi. Kedua nutrisi ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Jika suplai zat besi dan folat berkurang, maka tubuh kamu akan rentan terkena anemia. Tak hanya mengonsumsi quinoa, kamu juga disarankan mengonsumsi sumber zat besi dan folat lainnya seperti daging, ikan, makanan laut, atau sayuran berwarna hijau.

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat selanjutnya adalah mengurangi kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil terutama bagi penderita diabetes. Manfaat ini berasal dari kandungan serat, karbohidrat kompleks, vitamin dan mineral, serta antioksidan yang terkandung di dalam quinoa. Selain itu, quinoa juga termasuk dalam jenis makanan dengan indeks glikemik rendah, yang artinya tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tinggi setelah dikonsumsi.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Quinoa juga dikenal dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat, protein, dan antioksidan di dalamnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Selain itu, quinoa juga mengandung asam lemak omega-3, yang telah terbukti baik untuk kesehatan jantung.

7. Meningkatkan Kesehatan Otak

Quinoa juga dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Kandungan vitamin B dan magnesium di dalamnya dapat membantu memperbaiki fungsi otak dan meningkatkan konsentrasi serta daya ingat. Selain itu, quinoa juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dalam mengonsumsi quinoa, kamu dapat memasaknya seperti nasi atau menggunakan sebagai bahan dasar untuk salad atau kudapan. Quinoa juga dapat diolah menjadi tepung untuk membuat roti atau kue. Namun, perlu diperhatikan bahwa quinoa mengandung asam fitat yang dapat menghambat penyerapan nutrisi tertentu oleh tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya rendam quinoa terlebih dahulu sebelum dimasak untuk mengurangi kandungan asam fitat.

Meskipun quinoa dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tetaplah mengonsumsinya dalam jumlah yang seimbang dan variatif dengan makanan lainnya.***

Posting Komentar untuk "Mengintip Keajaiban Quinoa, Biji-Bijian yang Mampu Mengatasi Masalah Pencernaan dan Menambah Energi Menjaga Metabolisme"