Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Biji Wijen Hitam Si Kecil yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi Serta Sistem Kekebalan Tubuh


Natulogy.com - Biji wijen hitam atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Nigella Sativa merupakan salah satu jenis biji wijen yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Meskipun biji wijen putih dan hitam memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan kalsium dan antioksidan antosianin lebih banyak terdapat pada wijen hitam.

Biji wijen hitam sering dijumpai sebagai taburan untuk sejumlah makanan seperti onde-onde, mochi, dan roti. Namun, biji wijen hitam berukuran kecil ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah 9 manfaat biji wijen hitam untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Biji wijen hitam mengandung nutrisi lengkap seperti vitamin E, vitamin B6, zat besi, zinc, selenium, dan tembaga yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Nutrisi tersebut berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, seperti mengaktifkan sel darah putih atau sistem imun untuk melawan patogen penyebab infeksi. Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

2. Melancarkan Pencernaan

Biji wijen hitam merupakan sumber serat yang baik yang menyediakan delapan persen nilai harian hanya dalam porsi 2 sendok makan. Asupan serat yang cukup dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar, dan mencegah sembelit. Selain dari biji wijen, Anda juga bisa memenuhi asupan serat dari buah, sayuran, dan kacang-kacangan.

3. Mendukung Kesehatan Tulang dan Gigi

Biji wijen hitam merupakan salah satu sumber kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. Selain kalsium, wijen juga mengandung beberapa mineral penting seperti magnesium, fosfor, kalium, dan zinc yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium yang cukup juga baik untuk mencegah osteoporosis.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Untuk mencegah hipertensi dan menjaga tekanan darah tetap stabil, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tinggi kalium, seperti biji wijen. Kandungan antioksidan, magnesium, protein, dan serat pada biji ini baik untuk mengendalikan tekanan darah. Namun, untuk mendapatkan manfaat biji wijen ini secara maksimal, Anda juga perlu menjalani pola makan sehat, rutin berolahraga, dan menghindari rokok.

5. Menurunkan Kolesterol

Kandungan lemak tak jenuh ganda dan 39 persen lemak tak jenuh tunggal pada biji wijen mampu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan fitosterol yang ada juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menurunkan resiko terbentuknya beberapa jenis sel kanker di dalam tubuh. Mengonsumsi biji-bijian selama kurang dari 60 hari mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi secara efektif.

6. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Biji wijen hitam yang kaya akan mineral zinc membantu dalam pembentukan kolagen kulit yang dapat memperkuat jaringan kulit dan rambut. Selain itu, minyak wijen juga dapat mengurangi dan menyamarkan penuaan dini pada kulit, serta flek hitam di wajah. Manfaat lain yang terdapat dalam biji kecil berwarna hitam ini juga bisa mengecilkan pori-pori dan menjaga kekencangan kulit wajah serta mengendalikan minyak berlebih.

7. Mengurangi Resiko Diabetes

Biji wijen hitam memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh, seperti mengonsumsibijinya dapat membantu mengurangi resiko diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dan serat pada biji wijen hitam dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan cara memperlambat penyerapan gula dari makanan ke dalam aliran darah. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak biji wijen hitam selama 12 minggu dapat mengurangi kadar gula darah puasa pada penderita diabetes tipe 2.

8. Membantu Mengatasi Asma dan Alergi

Kandungan asam lemak omega-3 pada biji wijen hitam dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh serta membantu mengatasi asma dan alergi. Selain itu, biji wijen hitam juga mengandung quercetin, senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala alergi.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Biji wijen hitam mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan asam lemak tak jenuh pada biji wijen hitam juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Namun, perlu diingat bahwa biji wijen hitam tidak boleh dianggap sebagai pengganti obat-obatan atau terapi medis yang sudah diresepkan dokter. Konsumsilah biji wijen hitam sebagai bagian dari pola makan sehat yang seimbang, dan konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu sebelum mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak.***

Posting Komentar untuk "Biji Wijen Hitam Si Kecil yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi Serta Sistem Kekebalan Tubuh"