Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Petai Cina, Kacang Kecil dengan Khasiat Besar untuk Kesehatan Tubuh Mengatasi Anemia dan Sembelit

 


Natulogy.com - Petai Cina, atau dikenal juga sebagai kacang petai Cina atau kacang kapri Cina, merupakan salah satu jenis kacang-kacangan perdu yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Meski ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan petai biasa, namun kandungan nutrisi dan khasiat yang terkandung di dalamnya tidak kalah dengan petai biasa.

Petai Cina kaya akan serat, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, dan masih banyak lagi. Sebagai makanan yang sehat, petai Cina dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya:

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tulang yang kuat dan sehat sangat penting untuk menjaga mobilitas dan kualitas hidup seseorang. Petai Cina kaya akan kalsium, fosfor, dan zat besi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Konsumsi petai Cina secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya permasalahan tulang dan sendi seperti radang sendi, geram rematik, serta meminimalisir pengeroposan tulang atau osteoporosis.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Dalam era digital seperti sekarang, mata seringkali terkena paparan sinar dari layar gadget saat bekerja. Petai Cina dapat membantu mengurangi kerusakan mata akibat sinar radiasi gadget. Hal ini karena petai Cina memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan mata.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Kandungan flavonoid, saponin, dan alkaloid pada petai Cina efektif membantu menurunkan kadar gula dalam darah. 

Aktivitas antidiabetes di dalamnya menjadikan petai Cina termasuk makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan dengan rutin mengonsumsi petai Cina, dapat memperbaiki fungsi kerja insulin di dalam tubuh.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat pada petai Cina dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker.

Selain itu, salah satu keunggulan bahan kimia polifenol yang berasal dari petai Cina dipercaya dapat menghilangkan racun dan sel kanker dalam tubuh yang dibawa oleh radikal bebas. Namun demikian, manfaat petai Cina dalam mencegah kanker masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut.

5. Mencegah Anemia

Petai Cina memiliki kandungan zat besi yang cukup baik. Dengan demikian, petai Cina dapat membantu mengoptimalkan jumlah zat besi di dalam tubuh. Ketika jumlah zat besi dalam tubuh tercukupi, hal ini akan membantu proses produksi sel darah merah dalam tubuh menjadi lebih optimal dan menghindarkan Anda dari penyakit anemia.

6. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Kandungan potasium dalam petai Cina dapat membantu mengoptimalkan fungsi otak. Hal ini akan membuat Anda terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pada otak seperti penurunan kemampuan mengingat hingga fokus yang kurang optimal.

7. Mengatasi Sembelit

Petai Cina memiliki kandungan serat di dalamnya. Salah satu fungsi serat adalah untuk mencegah dan mengatasi sembelit yang terjadi. Serat akan mengoptimalkan penyerapan air pada feses yang akan membuat feses menjadi lebih lembut. Dengan demikian, Anda akan mudah untuk buang air besar dan terhindar dari sembelit.

Meskipun memiliki banyak manfaat, Anda tidak boleh mengkonsumsi petai Cina secara berlebihan. Konsumsi petai Cina hanya sebagai makanan tambahan untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal, Andajuga perlu menjaga pola makan sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang lainnya.

Oke jadi itu dulu ya pembahasan kita kali ini terkait artikel petai china dari berbagai aspek pembahasannya semoga bisa menjadi artikel referensi dan menjadi ilmu tambahan dan bisa bermanfaat, oke terimakasih.***

Posting Komentar untuk "Petai Cina, Kacang Kecil dengan Khasiat Besar untuk Kesehatan Tubuh Mengatasi Anemia dan Sembelit"