Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Benarkah Air Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan? Berikut Ini Informasi Lengkapnya

Natulogy.com - Air lemon memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dapat membantu menurunkan berat badan atau program diet. Banyak orang telah mencoba air lemon sebagai bagian dari program diet mereka, dan hasilnya cukup memuaskan.

Namun, apakah benar bahwa air lemon efektif dalam menurunkan berat badan? Mari kita bahas bersama-sama dalam artikel ini, serta manfaat lainnya yang dimilikinya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Air Lemon untuk Diet

Air lemon memiliki beberapa manfaat bagi diet dan kesehatan tubuh. Berikut manfaat air lemon untuk diet yang perlu kamu ketahui.

Rendah Kalori

Air lemon merupakan minuman rendah kalori, hanya sekitar 17 kalori per butir jeruk lemon berukuran sedang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman rendah kalori sebelum makan dapat membantu mencegah makan berlebihan, sehingga jumlah kalori yang masuk akan berkurang.

Meningkatkan Metabolisme

Menurut sebuah penelitian, tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat meningkatkan fungsi mitokondria. Mitokondria ini akan menarik nutrisi dari sel untuk memecahnya dan mengubahnya sebagai energi dalam mengatur metabolisme. Oleh karena itu, air lemon dikenal dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang akan membantu menurunkan berat badan.

Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Minum air lemon juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga mengurangi ngemil. Terdapat sebuah studi yang menyatakan bahwa minum air lemon dengan makanan dapat meningkatkan rasa kenyang.

Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan

Selain untuk diet, air lemon juga bermanfaat untuk kesehatan secara umum.Berikut manfaat air lemon untuk kesehatan secara umum.

Menghilangkan Racun dan Membuat Tubuh Terhidrasi

Mengonsumsi air lemon dapat meningkatkan kinerja organ tubuh dan menyeimbangkan kadar air dalam tubuh. Selain itu, air lemon juga membantu menghilangkan racun dalam tubuh.

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat lainnya adalah dapat membantu menghambat kerusakan sel paparan radikal bebas karena vitamin C dalam kandungan lemon. Manfaat vitamin C dapat mencegah oksidasi senyawa di dalam sel, serta menangkal radikal bebas yang berkaitan dengan LDL (kolesterol jahat).

Antioksidan Penangkal Kanker

Air lemon mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker. Satu studi melaporkan bahwa ekstrak lemon spesifik menghambat pertumbuhan sel kanker.

Penyerapan Zat Besi

Jus lemon juga dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi karena vitamin C terbukti meningkatkan penyerapan zat besi. Minum segelas air lemon dan makan makanan yang mengandung zat besi akan dipastikan kandungannya lebih mudah diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh.

Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

Diketahui, semua buah jeruk mengandung asam sitrat tinggi, namun air lemon ini mengandung kadar tertinggi. Asam sitrat ditemukan dalam jus lemon telah terbukti menurunkan pembentukan batu ginjal pada orang yang rentan terhadap penyakit tersebut.

Apakah Air Lemon Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

Beberapa bukti menunjukkan bahwa air lemon dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi pada tahun 2008 yang melibatkan 24 orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas menunjukkan bahwa minum 0,5 liter air sebelum sarapan dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi selama sarapan sebesar 13%.

Penelitian lain pada tahun 2016 menemukan bahwa minum air lemon dengan madu selama seminggu dapat menurunkan berat badan dan menurunkan kadar gula darah pada tikus yang dijadikan percobaan.

Sehingga dapat  kita ambil informasi ringkasnya bahwa air lemon dapat membantu menurunkan berat badan dan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Namun, untuk hasil yang maksimal, air lemon sebaiknya dijadikan bagian dari program diet dan gaya hidup sehat secara keseluruhan, termasuk olahraga dan makan makanan bergizi dan seimbang.

Posting Komentar untuk "Benarkah Air Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan? Berikut Ini Informasi Lengkapnya"