Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Tips Diet Sehat dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Natulogy.com. - Pola makan yang sehat penting bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Pola makan yang seimbang dapat membantu mencegah penyakit, menjaga berat badan yang sehat, mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes, serta meningkatkan tingkat energi Anda. 

Namun, banyak orang tidak tahu makanan apa yang harus dimasukkan dalam diet harian mereka atau berapa banyak dari setiap kelompok makanan yang harus mereka makan per hari. Daftar berikut ini akan menunjukkan kepada Anda jumlah porsi yang direkomendasikan dari setiap kategori yang dibutuhkan untuk diet sehat Daging/Ikan (3-6 porsi per minggu), Susu/Telur (2-3 porsi per hari), Buah (2-4 porsi per hari), Sayuran (4-6 porsi per hari), Minyak/Lemak (1 sdt)

Tips Diet Sehat dan Cepat Menurunkan Berat Badan


Daging, susu, telur, dan ikan

Anda harus menyertakan daging, produk susu, ikan dan telur dalam diet harian Anda. Daging adalah sumber protein dan zat besi yang penting, tetapi harus tanpa lemak, dimakan secukupnya dan dimasak dengan hati-hati agar tidak menambahkan lebih banyak lemak daripada yang Anda butuhkan.

Ikan adalah sumber lemak omega-3 yang sangat baik tetapi semua ikan juga tinggi kolesterol, jadi sebaiknya makan ikan setidaknya dua kali seminggu dan pilihlah ikan dengan kadar lemak jenuh yang lebih rendah.

Telur dapat menjadi bagian dari diet sehat jika dimakan dalam jumlah sedang atau sebagai bagian dari rencana makan rendah kalori - sebaiknya satu hari per minggu. Telur mengandung kadar kolesterol tinggi yang berarti Anda harus membatasi diri Anda tidak lebih dari tiga telur berukuran sedang (50g) per minggu atau dua telur besar (70g). Produk susu seperti keju dan susu mungkin juga memiliki kadar kolesterol tinggi, jadi cobalah beralih ke varietas rendah lemak jika memungkinkan.


Sayuran

Sayuran adalah sumber vitamin, mineral dan serat yang baik. Sayuran dapat dimakan mentah atau dimasak, sebagai lauk pauk atau sebagai hidangan utama. Sayuran dapat dibekukan, dikalengkan atau dikeringkan untuk digunakan nanti.


Buah

Buah adalah makanan ringan yang populer, dan umumnya dianggap sebagai pilihan yang sehat. Namun, beberapa buah bisa mengandung gula tinggi, jadi penting untuk memilih dengan bijak saat makan buah.

Secara umum, buah-buahan rendah kalori dan lemak tetapi mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi. Mereka juga merupakan sumber serat yang baik. Buah-buahan tidak mengandung kolesterol atau natrium (garam) sehingga sangat baik untuk orang yang ingin menjaga tekanan darah mereka atau mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan mengurangi jumlah lemak yang mereka makan.

Namun, buah-buahan memiliki gula alami yang dapat menyebabkan kerusakan gigi jika Anda tidak menyikat gigi setelah memakannya atau minum melalui sedotan yang tidak dapat melewati gigi dengan cukup mudah sehingga bakteri penyebab bau mulut terjebak di dalamnya! Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memilih buah-buahan kering - buah-buahan kering menyediakan semua nutrisi yang ditemukan dalam buah-buahan segar tanpa risiko masalah gigi!


Minyak dan Lemak

American Heart Association merekomendasikan agar Anda menggunakan minyak dan lemak dengan rasio lemak tak jenuh tunggal tertinggi terhadap lemak jenuh. Ini termasuk minyak zaitun, minyak canola dan minyak bunga matahari. Lemak tak jenuh tunggal mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol "baik").

Demikian juga, hindari lemak jenuh dan lemak trans sebanyak mungkin. Juga hindari lemak terhidrogenasi karena lemak ini meningkatkan LDL tanpa mengurangi kadar HDL.


Biji dan kacang

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber protein, vitamin dan mineral yang baik. Mereka juga mengandung lemak tak jenuh, serat dan antioksidan.

Almond: Almond mengandung vitamin E, kalsium dan magnesium dalam jumlah tinggi. Kacang almond merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan meningkatkan kolesterol HDL "baik".

Hazelnut: Hazelnut kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang telah terbukti mengurangi kadar kolesterol jahat LDL selain meningkatkan kadar HDL (jenis yang baik). Kacang ini juga mengandung magnesium, zat besi dan seng - semua nutrisi penting untuk mencegah penyakit jantung.

Kacang pistachio: Pistachio memiliki lebih banyak potasium daripada pisang! Satu porsi mengandung lebih dari 50 persen lebih banyak dari yang dibutuhkan rata-rata orang per hari (4). Selain keunggulan nutrisi mineral ini dibandingkan kacang-kacangan lain dalam daftar kami di sini di 10 Kacang & Biji-bijian Tersehat Edisi 2020 sejauh ini - juga dikemas penuh serat juga!


Produk gandum utuh

Biji-bijian utuh baik untuk Anda. Biji-bijian utuh memiliki lebih banyak mineral, vitamin dan serat daripada biji-bijian olahan. Biji-bijian utuh juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan penurunan berat badan.

Memilih produk biji-bijian utuh dapat membingungkan karena banyak makanan yang mengandung kata-kata "biji-bijian utuh" pada labelnya tetapi sebenarnya mengandung sedikit atau tidak ada biji-bijian utuh. FDA telah mengembangkan definisi untuk apa yang merupakan produk biji-bijian utuh: setidaknya 51% dari beratnya harus merupakan satu atau lebih bagian dari seluruh kernel (seperti dedak, kuman, endosperma). Jika hal ini tidak tercantum pada kemasan, maka hanya ada 1% biji-bijian utuh dalam produk itu!

Untuk memastikan Anda mengonsumsi makanan utuh yang sesungguhnya, carilah tiga hal berikut ini: 100% Biji-bijian Utuh Dibuat dengan Biji-bijian Utuh dan Mengandung Biji-bijian Utuh


4 kelompok makanan ini harus ada dalam diet sehari-hari

Pola makan yang sehat, yang mencakup berbagai makanan dari kelima kelompok makanan, adalah cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda agar tetap sehat.

  • Kelompok Makanan #1 Buah-buahan dan Sayuran
  • Kelompok Makanan #2 Biji-bijian
  • Kelompok Makanan #3 Produk Susu
  • Kelompok Makanan #4 Makanan Berprotein (Daging, Kacang-kacangan dan Unggas)


Kesimpulan

Hal utama yang dapat diambil dari artikel ini adalah bahwa Anda perlu makan makanan yang seimbang dengan semua 5 kelompok makanan. Ini berarti makan daging, produk susu, telur dan ikan tetapi juga sayuran, buah dan minyak/lemak. Produk biji-bijian utuh juga penting karena menyediakan nutrisi seperti magnesium, kalsium dan zat besi yang dapat membantu menjaga tulang Anda tetap kuat.

Posting Komentar untuk "6 Tips Diet Sehat dan Cepat Menurunkan Berat Badan"