Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Ragam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Natulogy. - Olahraga adalah cara yang bagus untuk menjaga tubuh dan pikiran Anda tetap sehat. Olahraga juga dapat meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan, membuat Anda merasa lebih energik dan tidak mudah stres. 

Olahraga teratur akan membantu Anda hidup lebih lama dan menikmati kesehatan yang lebih baik seiring bertambahnya usia. Ditambah lagi, olahraga membantu mencegah banyak penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan osteoporosis.

Ragam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran


Orang yang berolahraga memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah

Olahraga dapat menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kadar kolesterol Anda. Olahraga juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, dan membantu Anda menurunkan berat badan. Olahraga meningkatkan kualitas tidur, yang membantu kesehatan mental.


Olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Olahraga teratur dapat membantu Anda menurunkan dan mempertahankan penurunan berat badan, serta menghindari kenaikan berat badan yang tidak sehat.

  • Olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.
  • Olahraga dapat membantu Anda mempertahankan penurunan berat badan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang teratur dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah untuk mendapatkan kembali berat badan yang hilang di masa depan. Hal ini benar apakah peserta diresepkan diet terbatas energi atau tidak - dengan kata lain, tidak masalah jika mereka sengaja memotong kalori sama sekali (meskipun saya masih merekomendasikannya). 

Faktanya, orang-orang yang tidak mengubah pola makan mereka sama sekali tetapi menjadi aktif malah memiliki hasil yang lebih baik: dikombinasikan dengan rencana diet sehat yang menekankan makanan utuh dan membatasi karbohidrat olahan (seperti kue), berolahraga kemungkinan akan memberikan hasil yang bertahan lama. Terlebih lagi, latihan aerobik intensitas sedang - seperti jalan cepat selama 30 menit dua kali seminggu - dapat mencegah berat badan yang hilang setelah diet.


Olahraga dapat membuat Anda lebih fleksibel.

Fleksibilitas adalah bagian penting dari kebugaran secara keseluruhan, tetapi sering diabaikan. Fleksibilitas dapat membantu Anda dalam banyak hal:

  • Meningkatkan kemampuan Anda untuk menggerakkan tubuh Anda melalui berbagai gerakan tanpa cedera
  • Menghindari keketatan dan rasa sakit yang datang dengan kekakuan yang berkaitan dengan usia
  • Membantu Anda pulih dari cedera lebih cepat dengan meningkatkan aliran darah ke area yang cedera


Olahraga dapat meningkatkan memori dan otak Anda.

Olahraga dapat meningkatkan daya ingat dan otak Anda. Olahraga dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Olahraga dapat memperbaiki suasana hati Anda dan meredakan depresi.


Olahraga menurunkan tekanan darah.

Olahraga adalah cara yang bagus untuk menurunkan tekanan darah. Ini membantu Anda menurunkan berat badan dan dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam darah Anda. Olahraga juga membantu Anda rileks, yang menjaga detak jantung Anda tetap rendah.

Olahraga membuatnya lebih mudah untuk tetap sehat karena menurunkan tekanan darah dan membantu Anda menghindari stres, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.


Orang yang berolahraga mungkin dapat menghindari diabetes.

Olahraga menurunkan gula darah. Orang yang berolahraga secara teratur mungkin dapat terhindar dari diabetes, dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu penderita diabetes mengontrol gula darah mereka.

Olahraga meningkatkan sensitivitas insulin. Sensitivitas insulin adalah ukuran seberapa baik tubuh Anda bereaksi terhadap insulin, hormon yang memindahkan glukosa (gula) keluar dari aliran darah dan masuk ke dalam sel Anda di mana ia dapat digunakan untuk produksi energi atau disimpan dalam sel lemak sebagai glikogen. Semakin sensitif Anda terhadap insulin, semakin kecil kemungkinan Anda akan mengembangkan diabetes atau kadar gula darah tinggi jika Anda sudah menderita diabetes.*


Olahraga mengurangi risiko kanker

Saat Anda berolahraga, tubuh Anda melepaskan adrenalin dan endorfin. Hormon-hormon ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

American Cancer Society merekomendasikan agar setiap orang mendapatkan setidaknya 30 menit aktivitas fisik setiap hari. Sebagai contoh:

  • Jalan cepat selama sekitar satu jam sehari sangat bagus untuk kesehatan Anda.
  • Berenang selama 30 menit adalah pilihan lain yang bagus jika Anda lebih suka aktivitas air daripada latihan di darat.


Olahraga teratur dapat membantu mencegah osteoporosis.

Sangat penting untuk mendapatkan kalsium dan vitamin D yang cukup, dua nutrisi yang sangat penting untuk membangun dan mempertahankan tulang yang kuat. Vitamin D dibuat oleh kulit ketika terpapar sinar matahari; vitamin D membantu tubuh Anda menyerap kalsium dari makanan. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari produk susu yang diperkaya dan beberapa makanan, seperti ikan.

Untuk mencegah osteoporosis, Anda harus melakukan latihan menahan beban seperti berjalan atau jogging setiap hari (dua jam per minggu). Latihan menahan beban membantu membangun massa tulang dengan menyebabkan fraktur stres kecil dalam jaringan tulang yang merangsang perbaikan daerah yang lemah di dinding tulang.


Olahraga dapat meningkatkan suasana hati dan meredakan depresi.

Olahraga dapat memperbaiki suasana hati dan meredakan depresi. Olahraga terbukti efektif dalam mengurangi kecemasan, stres dan memperbaiki kualitas tidur. Hal ini juga meningkatkan fokus, harga diri dan citra tubuh.

Manfaat olahraga telah didokumentasikan dengan baik, dan buktinya sulit untuk diabaikan. Ini bukan hanya tentang terlihat baik atau merasa lebih baik; ini tentang hidup lebih lama, hidup yang lebih sehat. Anda dapat membantu diri Anda sendiri dengan membuat beberapa perubahan kecil dalam rutinitas harian Anda. 

Jika Anda mencari motivasi untuk memulai, ingatlah bahwa berolahraga meningkatkan lebih dari sekadar kesehatan fisik Anda - olahraga juga meningkatkan kekuatan otak Anda dan membantu mencegah depresi!

Cara terbaik untuk menjadi bugar adalah dengan melakukan sesuatu yang aktif setiap hari-apakah itu berjalan kaki di sekitar blok, berenang bersama teman-teman di kolam renang setempat, atau bermain basket di akhir pekan setelah bekerja. 

Aktivitas-aktivitas ini tidak menyita banyak waktu dari hari Anda dan akan membuat Anda tetap merasa bugar! Ingatlah bahwa apa pun dihitung sebagai olahraga: berkebun dihitung (ini adalah salah satu hobi favorit saya), berjalan menaiki tangga alih-alih naik lift di tempat kerja dihitung (saya mendapati diri saya melakukan ini lebih sering sekarang), bahkan hanya berdiri tegak alih-alih membungkuk di depan monitor komputer sepanjang hari dapat membuat perbedaan besar dalam seberapa sering kita merasakan sakit di kemudian hari."


Kesimpulan

Jika Anda mencari cara untuk membuat diri Anda merasa lebih baik, olahraga adalah pilihan yang bagus. Olahraga dapat membantu memperbaiki suasana hati Anda dan meredakan depresi, mengurangi stres dan kecemasan, menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker-bahkan membuat Anda lebih fleksibel! Jika alasan-alasan tersebut tidak cukup bagi Anda untuk bangun dari sofa dan mulai bergerak setiap hari, maka saya tidak tahu apa yang akan terjadi.

Posting Komentar untuk "9 Ragam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran"