Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ragam Manfaat Konsumsi Sayur dan Buah Untuk Kesehatan

Natulogy.com. - Mengonsumsi makanan yang kaya akan buah dan sayuran adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda. Makanan-makanan ini rendah kalori dan tinggi nutrisi, yang berarti makanan ini dikemas dengan vitamin, mineral, antioksidan dan serat. 

Makanan ini juga cenderung memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada jenis makanan lain sehingga tidak akan menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi setelah memakannya. Meskipun ada banyak cara untuk memasukkan lebih banyak produk segar ke dalam makanan Anda-seperti menggunakannya sebagai topping atau dengan membuat jus dari mereka-Anda juga dapat mempermudah diri Anda sendiri dengan hanya membeli potongan buah atau sayuran yang sudah dipotong sebelumnya (dengan cara ini Anda tidak perlu memotong apa pun!).

Buah-buahan dan sayuran rendah kalori dan padat nutrisi, yang berarti mereka dikemas dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat.

Manfaat Konsumsi Sayur dan Buah Untuk Kesehatan


Buah-buahan dan sayuran rendah kalori, menjadikannya pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Obesity menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari kehilangan lebih banyak berat badan daripada mereka yang tidak. 

Namun, jika Anda memilih untuk makan buah daripada sayuran, pastikan buah dan sayuran tersebut tidak terlalu tinggi gula yang dapat membuat berat badan Anda bertambah, bukannya berkurang!

Buah-buahan dan sayuran padat nutrisi - artinya mereka dikemas dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat - yang berarti mereka lebih sehat daripada banyak jenis makanan lain yang ada di pasaran (yaitu, olahan). Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa mengonsumsi produk segar dapat membantu mencegah penyakit kronis tertentu termasuk diabetes, kanker, dan penyakit jantung (untuk beberapa nama).


Hindari jus dari konsentrat.

Jus dari konsentrat mengandung gula dan kalori yang tinggi, rendah nutrisi dan tidak sesehat jus segar. Jus yang baru diperas dibuat dari buah dan sayuran utuh, sedangkan jus dari konsentrat adalah produk dari pengolahan buah menjadi jus. Kemudian dibekukan dan dikirim ke toko kelontong di mana jus tersebut dilarutkan dengan air atau gula tambahan (terkadang keduanya). 

Hasilnya? Minuman manis dengan kalori tinggi per volume yang mengandung sedikit serat - yang berarti Anda tidak mendapatkan manfaat kesehatan yang terkait dengan makan buah dan sayuran utuh.

Untuk menghindari masalah ini, carilah jus segar tanpa tambahan gula atau pemanis (juga terkadang diberi label "murni"). Ini biasanya ditemukan di lemari pendingin di toko bahan makanan bersama minuman berpendingin lainnya seperti susu atau bir, bukan di samping barang kalengan di rak-rak toko di mana Anda mungkin mengharapkannya jika Anda terbiasa membeli jus kalengan sebelum memulai diet sehat Anda!


Makanlah buah atau sayuran setiap kali makan.

Sebaiknya makan buah dan sayuran setiap kali makan.

Buah-buahan dan sayuran rendah kalori tetapi dikemas dengan nutrisi, vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Makan berbagai buah dan sayuran dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.


Simpan potongan-potongan buah dan sayuran untuk camilan cepat.

Simpan buah dan sayuran di dalam kulkas. Anda dapat menyimpan sebagian besar buah dan sayuran selama sekitar satu minggu di lemari es Anda, tetapi awasi mereka. Jika Anda tidak berencana untuk menggunakannya dalam jangka waktu itu, bekukan saja (lihat di bawah).

Simpan buah dan sayuran dalam wadah kedap udara. Tempatkan buah yang diiris atau dipotong dadu ke dalam mangkuk besar dengan penutup, lalu tutupi bagian atas mangkuk dengan bungkus plastik sebelum memasukkannya ke dalam lemari es. 

Ini akan membantu menjaga kelembaban agar tidak merembes keluar dari buah dan ke makanan Anda yang lain! Jika Anda ingin melakukan ini selangkah lebih maju, cobalah menggunakan penyegel vakum sebagai gantinya-dengan cara itu bahkan tidak akan ada udara di dalam wadah Anda untuk bakteri tumbuh di atasnya!

Simpan buah dan sayuran di tempat gelap jika memungkinkan. Misalnya, di dalam lemari di bawah lampu neon karena ini memancarkan banyak radiasi UV berbahaya yang juga tidak baik untuk tanaman / kesehatan manusia.


Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran untuk meningkatkan kesehatan

Konsumsi buah dan sayuran telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, diabetes dan kondisi kronis lainnya. Buah-buahan dan sayuran juga rendah kalori dan padat nutrisi. Itu berarti mereka dikemas dengan vitamin, mineral, antioksidan dan serat; semua hal yang dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Namun, penting untuk menghindari jus dari konsentrat karena tidak memiliki serat yang ditemukan dalam buah atau sayuran utuh.


Kesimpulan

Saya harap artikel ini telah membantu Anda memahami mengapa makan buah dan sayuran sangat penting bagi kesehatan Anda. Dengan mengikuti saran yang diberikan di sini, Anda dapat memastikan bahwa diet Anda lebih seimbang dan bergizi.

Posting Komentar untuk "Ragam Manfaat Konsumsi Sayur dan Buah Untuk Kesehatan"