Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Cara Mengatasi Komputer atau Laptop yang Lemot

Natulogy.com. - Komputer Anda adalah alat, dan seperti alat lainnya, komputer perlu dirawat. Melakukannya akan membuat komputer Anda lebih cepat, lebih stabil dan lebih aman. Beberapa tugas pemeliharaan mudah dilakukan sendiri dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit dari waktu Anda. Yang lainnya mengharuskan Anda membeli atau mengunduh perangkat lunak dari internet agar dapat berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Komputer atau Laptop yang Lemot


Reboot

Jika Anda mengalami masalah dengan komputer Anda, mungkin saja salah satu program di komputer Anda menggunakan lebih banyak memori daripada yang seharusnya. Mem-boot ulang adalah cara termudah untuk membersihkannya. Ini juga akan membersihkan file-file sementara yang mungkin menyebabkan masalah.

Nyalakan ulang komputer Anda dengan menekan "control + alt + delete" dan kemudian memilih "restart." Jika Anda menggunakan sistem Mac atau Linux, restart akan melakukan hal yang sama seperti reboot (Anda juga dapat me-restart mesin-mesin ini dengan menahan tombol daya selama 10 detik).

Jika Anda memiliki router yang tersambung ke jaringan Anda, reboot juga-ini bisa membantu memecahkan banyak masalah dengan konektivitas!


Hapus program yang tidak lagi Anda perlukan

  • Mulailah dengan menghapus program yang Anda instal dan tambahkan baru-baru ini.
  • Reboot setelah menghapus setiap program.
  • Jika Anda masih mengalami masalah, reboot mesin Anda lagi.


Hapus cache Anda

Jika Anda mengalami masalah dengan Chromebook Anda, hal pertama yang harus dicoba adalah membersihkan cache Anda. Cache menyimpan informasi tentang situs web yang telah Anda kunjungi dan hal-hal yang telah diunduh pada perangkat tertentu. 

Ini sangat membantu karena memungkinkan Google untuk mengembalikan item dari kunjungan sebelumnya dengan lebih cepat ketika Anda mengunjungi kembali situs-situs tersebut di masa mendatang. Tetapi jika Chromebook Anda mulai berulah, membersihkan cache dapat membantu menyelesaikan masalah dengan menghapus data sisa yang mungkin memperlambat atau menyebabkan masalah dengan perangkat Anda.


Untuk menghapus cache Anda:

Tekan Ctrl+Shift+Esc (Windows) atau Cmd+Shift+Esc (Mac) lalu klik More tools > Task Manager.

Klik tab Processes, temukan chrome , klik kanan padanya, dan pilih End Process Tree . Ini akan menutup semua contoh Chrome yang terbuka sehingga kita dapat menghapusnya dengan aman nanti dengan masuk ke Windows Explorer / Finder dll..


Hapus instalan Flash player dan Java

Jika Anda mengalami masalah dengan situs web - terlalu lama untuk dimuat, atau tidak berfungsi sama sekali - Anda mungkin bukan satu-satunya. Masalahnya bisa jadi karena Flash player dan Java.

Flash player adalah plug-in yang memungkinkan pengguna memainkan konten multimedia di komputer mereka, sedangkan Java adalah bahasa pemrograman yang digunakan oleh banyak situs web dan aplikasi seluler. Keduanya diperlukan agar beberapa situs web dapat berfungsi, tetapi keduanya juga dapat memperlambat komputer Anda dan membuatnya lebih rentan terhadap virus dan serangan lain dari peretas.


Untuk menghapus salah satu dari program ini:

  • Klik tombol Start Windows (ikon bulat di kiri bawah layar Anda)
  • Klik Control Panel > Program > Uninstall program
  • Cari Flash Player atau Java dalam daftar


Hapus file duplikat

Jika Anda memiliki file duplikat di komputer Anda, inilah saatnya untuk menghapusnya. File duplikat memakan ruang, yang dapat memperlambat komputer Anda dan menyebabkan komputer berjalan lebih lambat. Untuk menemukan file duplikat pada hard drive Anda:

Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog Run. Di kotak dialog Run, ketik %appdata% dan klik OK atau tekan Enter. Arahkan ke folder Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files:


Hapus file sementara

File sementara digunakan oleh program untuk menyimpan informasi saat Anda bekerja dengannya. Misalnya, saat Anda membuka gambar di editor gambar, program akan menyimpan data gambar di file sementara dan melakukan hal lain yang diperlukan sebelum menampilkan gambar di layar Anda. Apabila Anda menutup program atau mematikan komputer, file-file sementara ini akan dihapus secara otomatis.

Namun, jika Anda telah menggunakan beberapa aplikasi sekaligus dan menyimpannya selama beberapa waktu tanpa menutupnya dengan benar, hal ini dapat menyebabkan penumpukan file-file sementara yang tidak diperlukan yang dapat memperlambat kecepatan komputer Anda berjalan secara keseluruhan.

Folder Windows Temp berisi semua file sementara yang tidak perlu ini yang tidak lagi digunakan oleh program apa pun yang berjalan di komputer Anda dan mereka mengambil ruang yang berharga pada hard drive alih-alih tersedia untuk digunakan oleh program atau area lain di mana mereka mungkin diperlukan (seperti dokumen).

Untuk memeriksa folder sementara yang ada di komputer Anda: Klik Start > Control Panel > System Properties > Tab General > tombol Advanced Options di bawah bagian Performance > klik tombol Settings di bawah Virtual memory area (mungkin tidak terlihat tergantung pada pengaturan sistem)


Defragmentasi hard drive Anda

Dengan komputer, seperti halnya perangkat keras lainnya, penting untuk menjaga hard drive Anda tetap berjalan pada kinerja puncaknya. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah melalui defragmentasi. Defragmentasi adalah proses mengatur ulang file-file pada hard drive Anda sehingga letaknya berdekatan dan tidak tersebar di semua tempat. 

Hal ini memungkinkan kepala baca/tulis untuk mengakses data lebih cepat daripada sebelumnya-yang diterjemahkan menjadi waktu akses file yang lebih cepat dan waktu respons yang lebih rendah untuk aplikasi perangkat lunak.

Defragmentasi bukanlah sesuatu yang perlu Anda lakukan setiap hari atau bahkan setiap satu atau dua bulan; secara umum, Anda hanya perlu mendefrag komputer Anda ketika Anda menyadari bahwa komputer Anda berjalan sangat lambat untuk sementara waktu (misalnya, jika membuka aplikasi membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya).

Setelah Anda menentukan bahwa komputer Anda lambat, saatnya untuk melakukan beberapa tugas pemeliharaan rutin, seperti memeriksa dan mendefrag hard drive Anda. Untuk memeriksa kesehatan hard disk Anda:

  • Buka Disk Utility dengan membuka Applications -> Utilities -> Disk Utility
  • Pilih hard disk Anda di panel kiri, lalu klik First Aid pada toolbar di atas (ini akan meluncurkan jendela dengan informasi rinci mengenai kesehatannya)
  • Jika tertulis "Repair Disk Permission" di bawah opsi First Aid, klik Continue (Lanjutkan)
  • Sekarang klik Repair Disk Permissions (ini akan memperbaiki masalah apa pun dengan perizinan untuk semua file pada volume ini)


Kesimpulan

Dengan mengikuti tips sederhana ini, Anda dapat membantu menjaga komputer Anda tetap berjalan dengan baik. Anda akan dapat menghapus file dan program lama, mengosongkan ruang disk dengan mendefrag hard drive, dan menghapus file sementara yang memperlambat kinerja.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Komputer atau Laptop yang Lemot"