Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Gerhana Matahari Proses Dan Terjadinya Yang Wajib Kamu Ketahui

Natulogy.com. - Gerhana matahari adalah peristiwa astronomi yang terjadi ketika bulan melintas di depan matahari, sehingga mengaburkannya secara total atau sebagian. Hal ini hanya bisa terjadi pada saat bulan baru (artinya satelit Bumi berada di antara kita dan bintang induk kita). 

Jenis gerhana yang terjadi tergantung pada benda mana yang menutupi lebih banyak benda lainnya. Dalam gerhana matahari total, di mana bulan sepenuhnya menutupi matahari, kegelapan total akan terjadi di area yang luas hingga beberapa menit (tergantung pada seberapa banyak Bumi yang dinaungi). 

Jika hanya sebagian dari satu sisi yang ditutupi oleh satelit alami kita selama gerhana annular (di mana ukuran semu kedua objek melebihi ukuran orbitnya), maka hanya sebagian penghalangan yang terjadi karena bentuk seperti cincin terbentuk di sekitar mereka. Gerhana parsial lebih umum terjadi, tetapi tidak menawarkan pemandangan spektakuler seperti itu, karena membutuhkan waktu tempuh yang lama karena durasi waktunya yang terbatas (kurang dari 90 menit).

Pengertian Gerhana Matahari Proses Dan Terjadinya Yang Wajib Kamu Ketahui


Gerhana Matahari

Gerhana matahari adalah peristiwa yang terjadi ketika bulan melintas di antara Bumi dan Matahari, sehingga secara total atau sebagian mengaburkan pandangan Bumi terhadap Matahari.


Ada empat jenis gerhana matahari:

Gerhana total terjadi apabila diameter semu Bulan lebih besar daripada diameter semu Matahari. Oleh karena itu, Matahari dan Bulan tampak kira-kira sama besarnya dari Bumi dan tampak gelap di Bumi. bulan melintas di antara bumi dan matahari, menghalangi sebagian atau seluruh matahari bagi pemirsa di bumi.

Bulan melintas di antara bumi dan matahari, menghalangi sebagian atau seluruh matahari bagi pemirsa di bumi. Bulan menghalangi sebagian atau seluruh matahari untuk pemirsa di bumi, dan bayangannya dilemparkan ke bumi (yang menyebabkan gerhana). Bayangan ini disebut umbra; lebih gelap dari penumbra.


Gerhana matahari adalah peristiwa yang relatif jarang terjadi.

Meskipun gerhana matahari tahun 1882 diamati oleh banyak orang di seluruh dunia, namun gerhana matahari tidak dapat dilihat dari Amerika Serikat. Lebih jauh lagi, bagian dari gerhana matahari hanya terlihat pada siang hari di area yang terbatas pada jalur sempit di permukaan Bumi. 

Ini berarti bahwa bahkan jika gerhana terlihat secara lokal, Anda harus berada di lokasi yang tepat untuk melihatnya. Sebaliknya, gerhana parsial terjadi ketika hanya sebagian umbra Bumi yang jatuh melintasi permukaannya-dan ini jauh lebih umum daripada gerhana total!


Gerhana matahari total terjadi ketika diameter semu bulan lebih besar daripada matahari, menghalangi semua sinar matahari langsung dan mengubah siang hari menjadi gelap.

Gerhana matahari total terjadi ketika diameter semu bulan lebih besar dari matahari, menghalangi semua sinar matahari langsung dan mengubah siang hari menjadi gelap. 

Satu-satunya cahaya yang mencapai Bumi selama gerhana matahari total dibiaskan oleh atmosfer kita, menyebabkan cahaya kemerahan yang redup, yang dikenal sebagai "blood moons".


Selama satu gerhana, totalitas terjadi paling baik hanya dalam jalur sempit di permukaan bumi.

Gerhana matahari terjadi ketika Bulan melintas di antara Bumi dan Matahari, sehingga secara total atau sebagian mengaburkan citra Matahari bagi pemirsa di Bumi. Gerhana matahari total terjadi ketika umbra Bulan menyentuh permukaan Bumi.

Gerhana matahari parsial terjadi ketika hanya sebagian dari Matahari yang dikaburkan oleh Bulan. Dalam gerhana parsial, hanya sebagian dari apa yang tetap terlihat berada dalam bayangan: biasanya sekitar sepertiga tetapi kadang-kadang hingga setengahnya tergantung pada orientasinya.

Misalnya, dalam gerhana annular, di mana tidak ada garis tengah; dalam hal ini akan menjadi gerhana annular (cincin) sebagai gantinya. Gerhana parsial pada dasarnya "gerhana matahari sebagian" adalah "gerhana yang tidak terlihat".

Gerhana parsial pada dasarnya "sama saja" dengan gerhana total; hanya saja gerhana parsial terjadi di area yang lebih kecil di planet kita. Sebagian kecil dari cahaya ini akan melewati celah-celah di pegunungan atau bangunan-bangunan besar di dalam kota sehingga mungkin ada titik terang selama gerhana matahari sebagian yang tidak tertutupi oleh efek bayangan sama sekali (ini dapat terjadi bahkan jika seseorang yang berdiri tepat di sebelahnya melihat tepat ke arah titik terang tersebut).

Seberapa sering gerhana matahari total terjadi? menurut space.com, gerhana matahari total rata-rata terjadi setiap 1 1/2 tahun sekali. namun, karena hanya terlihat dari area terbatas, kebanyakan orang menjalani seluruh hidupnya tanpa melihatnya. gerhana parsial jauh lebih umum terjadi dan seringkali dapat dilihat di suatu tempat di bumi beberapa kali setiap tahun.

Gerhana matahari total terjadi ketika bulan melintas di antara bumi dan matahari, menghalangi cahaya dari matahari dan mengubah siang menjadi malam. Gerhana ini hanya terlihat oleh orang-orang yang berada di jalur sempit di sekitar jalurnya melalui orbit planet kita.

Gerhana matahari total jarang terjadi; mereka terjadi sekitar sekali setiap 18 bulan di suatu tempat di Bumi, tetapi hanya untuk waktu yang singkat.

Gerhana matahari parsial jauh lebih umum dan sering terlihat di suatu tempat di bumi beberapa kali setiap tahun. Selama gerhana parsial, hanya sebagian matahari yang tertutup oleh bulan seperti yang terlihat dari Bumi; ini menghasilkan bayangan berbentuk busur yang melintasi permukaan Bumi, bukan bayangan melingkar penuh seperti yang kita lihat selama gerhana total.


Kesimpulannya

Gerhana adalah peristiwa yang relatif jarang terjadi, dan terlebih lagi jika Anda tinggal di kota. Jika Anda memiliki kesempatan untuk melihatnya, ada baiknya melakukan upaya khusus untuk melakukan perjalanan. Gerhana matahari total berikutnya akan terjadi pada tahun 2024 dan akan melewati sebagian Amerika Selatan dan Afrika.

Posting Komentar untuk "Pengertian Gerhana Matahari Proses Dan Terjadinya Yang Wajib Kamu Ketahui"