Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Menggunakan TOC

Natulogy.com. - TOC adalah kependekan dari Table of Contents. TOC adalah cara untuk menyusun sebuah artikel agar lebih mudah dinavigasi dan dibaca. Anda dapat menambahkan TOC di Jekyll menggunakan langkah-langkah berikut:

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Menggunakan TOC


Ikhtisar

Daftar Isi (TOC) adalah landasan dari dokumen apa pun, baik itu makalah penelitian atau posting blog. Tanpa TOC, pembaca Anda akan mengalami kesulitan menavigasi konten Anda dan menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Membuat TOC bisa tampak mengintimidasi pada awalnya, tetapi begitu Anda memahami cara kerjanya, sebenarnya cukup mudah! Dalam tutorial ini, kami akan memandu Anda membuat Daftar Isi dasar sehingga Anda dapat memulai proyek Anda berikutnya dengan percaya diri.


Membuat TOC (Daftar Isi)

  • Menggunakan generator TOC
  • Menambahkan tautan ke TOC Anda
  • Menambahkan judul ke TOC
  • Menambahkan sub judul ke TOC


Daftar Isi (TOC) adalah salah satu halaman yang paling penting pada situs web anda. TOC merupakan alat bantu penting untuk menjelajah dan menavigasi konten, karena membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari dengan lebih cepat dan mudah.


Menambahkan tautan ke TOC

Untuk menambahkan link ke TOC, Anda harus berada di halaman itu dan kemudian klik opsi "Link" di sudut kiri atas. Kotak pop up baru akan muncul, di mana Anda bisa memasukkan judul anchor (misalnya, "Index") dan kemudian menulis teks apa yang akan muncul ketika seseorang mengklik tautan ini.

Format tautan ini harus sama persis dengan tautan yang sudah dibuat di seluruh dokumen Anda: dengan kata lain, tautan tersebut harus memiliki tanda bintang (*), diikuti oleh dua spasi dan kemudian teks jangkarnya (misalnya, "Index"). 

Tautan ini juga harus ditempatkan di bagian bawah setiap bagian (sebelum lampirannya) dan harus mengikuti gaya yang sama seperti semua hyperlink lainnya dalam dokumen Anda-jadi, jaga agar tetap berwarna biru!


Menata TOC

  • Cara membuat daftar isi
  • Mengatur Daftar Isi


Sekarang setelah Anda mempelajari beberapa trik, Anda akan dapat menambahkan daftar isi ke halaman web apa pun tanpa repot.


Untuk membuat daftar isi otomatis untuk situs Anda

Buka editor visual dan klik menu "Sisipkan" yang terletak di sudut kiri atas. Pilih "Daftar Isi".

Klik pada tanda plus (+) di sudut kanan atas dan pilih "Buat halaman baru." Berikan judul halaman baru Anda dan informasi URL sebelum mengklik simpan. Daftar isi sekarang akan secara otomatis dibuat berdasarkan judul dan tautan halaman ini.

Jika Anda ingin lebih banyak kendali atas bagaimana TOC Anda disusun. Pada Langkah 1 di atas, pilih "Sesuaikan" alih-alih "Buat halaman baru." Anda akan melihat opsi seperti menambahkan level heading atau mengubah urutannya.


Kesimpulan

Kami harap tutorial ini bermanfaat bagi Anda dalam mempelajari cara membuat daftar isi.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Menggunakan TOC"