Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bagaimana Cara Kerja Organ Peredaran Darah Manusia

Natulogy. - Sistem peredaran darah manusia terdiri atas jaringan arteri, vena, dan kapiler, dengan jantung yang memompa darah melaluinya. Darah membawa oksigen, nutrisi, dan antibodi ke semua sel tubuh. Darah menghilangkan produk limbah dari sel. 

Fungsi utama sistem peredaran darah adalah mengangkut oksigen dari paru-paru ke semua sel di seluruh tubuh Anda dan membuang karbon dioksida dari sel-sel yang sama.

Sistem peredaran darah (juga disebut sistem kardiovaskuler) terdiri dari jantung, darah yang dipompanya, dan pembuluh darah, vena dan arteri, yang dilalui darah.

Bagaimana Cara Kerja Organ Peredaran Darah Manusia


Jantung Anda adalah pompa yang membuat darah Anda bergerak ke seluruh tubuh Anda. Jantung adalah otot kuat yang terletak di tengah dada Anda. Darah bergerak melalui tabung yang disebut arteri dan vena untuk mencapai semua bagian tubuh Anda. 

Arteri membawa darah yang kaya oksigen dari jantung Anda ke seluruh bagian tubuh Anda; vena membawa darah yang miskin oksigen kembali ke jantung Anda untuk reoksigenasi, atau "pengisian ulang". Kapiler adalah pembuluh darah kecil yang menghubungkan arteriol dan venula bersama-sama di dalam jaringan di seluruh tubuh.

Jantung adalah organ berotot yang terletak di dada Anda. Jantung memompa darah melalui jaringan ini setiap saat selama Anda masih hidup, bahkan ketika Anda sedang tidur atau beristirahat dengan tenang. Jantung yang sehat dapat memompa sekitar 4 liter (4 liter) darah per menit ke seluruh tubuh Anda dengan setiap denyut atau denyut nadi yang Anda rasakan di pergelangan tangan atau leher Anda ketika berdetak cukup keras untuk membuat denyut nadi Anda terlihat dengan menekan dengan lembut ke beberapa bagian tubuh Anda dengan satu tangan sambil menempatkan dua jari di atas arteri lain di dekat area itu di sisi berlawanan dari leher Anda di mana mudah dirasakan tepat di bawah di mana seseorang akan mengikat syal ascot di sekitar kepalanya jika mereka berpakaian formal seperti yang mereka lakukan hari ini di pesta pernikahan dan lain-lain ... Pastikan tidak

Darah membawa oksigen, nutrisi, dan antibodi ke semua sel tubuh. Darah menghilangkan produk limbah dari sel.

Darah adalah cairan yang membawa oksigen, nutrisi dan antibodi ke semua sel tubuh. Darah menghilangkan produk limbah dari sel. Darah terdiri atas sel darah merah (RBC), sel darah putih (WBC), dan trombosit. 

Bagian merah darah Anda memberikan warnanya; mengandung hemoglobin yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan di seluruh tubuh Anda. Bagian putih mengandung zat pembekuan sehingga jika Anda terluka, akan ada respons cepat untuk menghentikan pendarahan dengan membentuk gumpalan di lokasi cedera. Trombosit membantu pembekuan dengan cara saling menempel saat dibutuhkan.

Fungsi utama dari sistem peredaran darah adalah untuk mengangkut oksigen dari paru-paru Anda ke semua sel di seluruh tubuh Anda dan menghilangkan karbon dioksida dari sel-sel yang sama.

Fungsi utama sistem peredaran darah adalah mengangkut oksigen dari paru-paru ke semua sel di seluruh tubuh Anda, dan mengeluarkan karbon dioksida dari sel-sel yang sama.


Darah membawa oksigen ke sel:

  • Oksigen dibawa dalam sel darah merah.
  • Karbon dioksida kembali ke paru-paru: Sistem peredaran darah juga mengangkut nutrisi dan produk limbah.

Darah membawa makanan dan oksigen ke sel-sel. Sel-sel menggunakan makanan untuk energi sehingga mereka dapat berfungsi dengan baik.

Sel-sel membutuhkan energi untuk berfungsi dengan baik. Makanan dipecah menjadi glukosa, yang digunakan untuk energi. Oksigen juga digunakan untuk energi, dan dibawa oleh darah ke seluruh bagian tubuh.

Jantung memompa darah melalui arteri, vena dan kapiler untuk mengantarkan makanan dan oksigen ke sel-sel yang membutuhkannya. Kapiler adalah pembuluh darah kecil yang menghubungkan arteri dengan vena; kapiler adalah tempat pertukaran oksigen terjadi antara paru-paru dan jaringan di seluruh tubuh (melalui difusi). Setelah gas-gas tersebut dikirim, saatnya produk limbah seperti karbon dioksida (CO2) dan urea (produk limbah dari metabolisme nitrogen) diangkut kembali!

Darah juga membawa hormon yang membantu mengatur proses sel di berbagai bagian tubuh.

Hormon adalah pembawa pesan kimiawi yang berjalan melalui aliran darah untuk membawa pesan ke berbagai bagian tubuh. Hormon-hormon ini mengendalikan banyak fungsi tubuh, seperti pertumbuhan dan metabolisme.


Ada duajenis hormon:

Steroid - Ini termasuk testosteron, estrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini masing-masing diproduksi di kelenjar adrenal dan organ seks.

Hormon protein - Ini termasuk insulin, yang mengatur kadar gula darah; glukagon, yang meningkatkan kadar gula darah; epinefrin (adrenalin) dan norepinefrin (noradrenalin), yang membantu respons stres; tiroksin (hormon tiroid); kortisol (kortison), steroid yang diproduksi oleh kelenjar adrenal Anda untuk respons stres jangka pendek; hormon paratiroid yang mengontrol keseimbangan kalsium dalam tubuh Anda; hormon pertumbuhan yang dibutuhkan untuk perkembangan normal selama masa kanak-kanak dan remaja; melatonin yang membantu mengatur pola tidur

Sistem peredaran darah Anda memastikan seluruh tubuh Anda terus bekerja dengan menggerakkan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh Anda. Darah membawa oksigen, nutrisi, antibodi dan sel-sel kekebalan lainnya ke seluruh tubuh. Darah juga membuang produk limbah dan mengatur proses sel.

Jantung Anda adalah pusat sirkulasi dalam tubuh manusia. Jantung memompa darah melalui arteri ke seluruh bagian tubuh di mana darah menjalankan tugasnya sebelum kembali dipompa melalui vena kembali ke jantung lagi.


Kesimpulan

Sistem peredaran darah adalah salah satu sistem yang paling kompleks dan rumit dalam tubuh manusia, tetapi juga sangat penting bagi semua kehidupan. Tanpa sistem ini, kita tidak akan mampu bertahan hidup untuk waktu yang lama.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Kerja Organ Peredaran Darah Manusia"