Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Makna Dari Sumpah Pemuda Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui

Natulogy.com. - Indonesia diikat oleh sumpah bersama sejak kelahirannya pada tahun 1945 hingga 1952. Sumpah adalah janji formal atau penegasan bahwa seseorang akan mematuhi prinsip-prinsip tertentu. Tujuannya adalah untuk mengikat partai-partai bersama, dan dapat digunakan sebagai instrumen untuk menyatukan orang. 

Sumpah Kemerdekaan Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh Sukarno pada tanggal 17 Agustus 1945 dan disusun oleh Mohammad Hatta. Sumpah ini digunakan sampai tahun 1952 ketika Presiden Sukarno mengamandemen Konstitusi Indonesia dengan sumpah versinya sendiri.

Apa Makna Dari Sumpah Pemuda Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui


Kami akan menuntut perubahan besar dalam pola pikir

Sumpah digunakan untuk mengikat bangsa bersama-sama, untuk membangun identitas nasional dan mempromosikan keadilan sosial. Dalam demokrasi modern, sumpah juga digunakan dalam upaya untuk mempromosikan demokrasi dan persatuan.

Di Amerika Serikat, misalnya, ketika seseorang menjadi warga negara ini, mereka mengambil sumpah setia yang mencakup kata-kata ini: "Dengan ini saya menyatakan dan menegaskan bahwa saya secara mutlak dan sepenuhnya meninggalkan dan menanggalkan semua kesetiaan dan kesetiaan kepada pangeran, penguasa, negara, atau kedaulatan asing mana pun yang mana atau yang mana saya sebelumnya telah menjadi subjek atau warga negara; bahwa saya akan mendukung dan mempertahankan Konstitusi..." Dengan mengambil sumpah ini, Anda menjanjikan dukungan Anda untuk hukum negara baru Anda serta menjanjikan kesetiaan Anda - itulah sebabnya mengapa ini disebut sumpah!

Demikian pula di Afrika Selatan selama era Apartheid (1948-1994), orang kulit hitam tidak diizinkan untuk memilih kecuali mereka mengambil sumpah yang menegaskan kesetiaan mereka terhadap orang kulit putih.


Identitas nasional yang sedang dibuat

Sumpah kewarganegaraan adalah simbol identitas nasional kita. Ini adalah bukti fakta bahwa Anda dilahirkan ke dalam bangsa kita dan bahwa, sebagai seorang individu, Anda mengerahkan hak Anda untuk berada di sini. Anda menunjukkan kesetiaan Anda kepada negara ini dengan bersumpah dan mengikrarkan diri Anda sebagai warga negara. 

Dengan mengambil sumpah ini, Anda telah menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari sekadar diri Anda sendiri - Anda telah bergabung dalam gerakan nasional menuju kebebasan dan demokrasi bagi semua orang di seluruh dunia.

Anda telah membuat sejarah hari ini sebagai satu langkah lagi dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi semua orang yang tinggal di sini di Kanada! Indonesia diikat bersama oleh sumpah bersama sejak kelahirannya pada tahun 1945 hingga 1952.

Sumpah adalah cara untuk menyatukan bangsa baru. Sumpah ini menunjukkan bahwa semua warga negara adalah sama, dan menunjukkan bahwa Indonesia bersatu. Sumpah itu sangat penting bagi persatuan Indonesia pada tahun 1950-an.


Kesimpulan: 

Sumpah tersebut merupakan cerminan perjuangan Indonesia untuk menemukan persatuan di tengah kekacauan dan kekerasan Perang Dunia II. Saat itu adalah masa ketika bangsa Indonesia sedang diukir oleh faksi-faksi yang berbeda-beberapa dengan ambisi kekaisaran dan yang lainnya berjuang untuk visi kebebasan mereka sendiri. 

Sumpah tersebut berfungsi sebagai simbol penting bagi orang Indonesia yang percaya bahwa setiap orang harus bertanggung jawab atas tindakan mereka, bahwa kesetiaan harus ditempatkan di atas segalanya, dan bahwa ada hal-hal tertentu yang layak untuk mati.

Posting Komentar untuk "Apa Makna Dari Sumpah Pemuda Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui"